Siapakah Aku??

Foto Saya
Seorang yang masih awam dalam dunia blogging. Saya harap kalian bisa memberikan saran dan kritik untuk saya.
EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

1 Februari 2010

Jaringan Meristem

1 Februari 2010 |
Sebelum membahas tentang jaringan meristem, apa kalian tahu apa itu jaringan? jaringan adalah sekumpulan sel yang mempunyai bentuk, fungsi, dan sifat-sifat yang sama.

Terua apa itu jaringan meristem? Jaringam meristem adalah jaringan muda yang terdiri dari sekelompok sel-sel tumbuhan yang aktif membelah.

Ciri-ciri sel yang menyusun jaringan meristem adalah:

1. ukuran selnya kecil
2. sel berdinding tipis
3. mempunyai nukleus yang relatif besar
4. vakuola berukuran kecil
5. banyak mengandung sitoplasma
6. selnya berbentuk kubus.

Berdasarkan asal pembentukannya jaringan meristem dibedakan menjadi tiga yaitu :
1. Promeristem
2. Meristem primer
3. Meristem skunder

1. Jaringan Meristem Primer 

Jaringan meristem yang merupakan perkembangan lebih lanjut dari pertumbuhan embrio. 
        Contoh: ujung batang, ujung akar. Meristem yang terdapat di ujung batang dan ujung akar disebut meristem apikal. Kegiatan jaringan meristem primer menimbulkan batang dan akar bertambang panjang.

2. Jaringan Meristem Sekunder 

'Jaringan meristem sekunder adalah jaringan meristem yang berasal dari jaringan dewasa yaitu kambium dan kambium gabus.'

Pertumbuhan jaringan meristem sekunder disebut pertumbuhan sekunder. Kegiatan jaringan meristem menimbulkan pertambahan besar tubuh tumbuhan. Contoh jaringan meristem skunder yaitu kambium. 

Kambium adalah lapisan sel-sel tumbuhan yang aktif membelah dan terdapat diantara xilem dan floem. Aktivitas kambium menyebabkan pertumbuhan skunder, sehingga batang tumbuhan menjadi besar . Ini terjadi pada tumbuhan dikotil dan Gymnospermae(tumbuhan berbiji terbuka ). 

Pertumbuhan kambium kearah luar akan membentuk kulit batang, sedangkan kearah dalam akan membentuk kayu.Pada masa pertumbuhan, pertumbuhan kambium kearah dalam lebih aktif dibandingkan pertumbuhan kambium kearah luar, sehingga menyebabkan kulit batang lebih tipis dibandingkan kayu. 

3. Jaringan promeristem

Promeristem adalah jaringan meristem yang ada pada saat tumbuhan masih dalam tingkat embrio.

Selain itu Jaringan Meristem juga di bagi berdasarkan letak jaringan jaringannya. Menurut letak jaringannya, meristem dibedakan menjadi tiga yaitu meristem apikal, meristem interkalar dan meristem lateral:


1. Meristem apical .

Meristem apikal adalah meristem yang terdapat pada ujung akar dan pada ujung batang. Meristem apikal selalu menghasilkan sel-sel untuk tumbuh memanjang.Pertumbuhan memanjang akibat aktivitas meristem apikal disebut pertumbuhan primer. Jaringan yang terbentuk dari meristem apikal disebut jaringan primer.

Letak : Ujung akar & batang
Fungsi : Memperpanjang ujung 

2. Meristem interkalar .

Meristem interkalar atau meristem antara adalah meristem yang terletak diantara jaringan meristem primer dan jaringan dewasa. Contoh tumbuhan yang memiliki meristem interkalar adalah batang rumput-rumputan (Graminae). Pertumbuhan sel meristem interkalar menyebabkan pemanjangan batang lebih cepat, sebelum tumbuhnya bunga. 

Letak : Tepi Batang & akar
Fungsi : Meningkatkan diameter

3 .Meristem lateral.

Meristem lateral atau meristem samping adalah meristem yang menyebabkan pertumbuhan skunder. Pertumbuhan skunder adalah proses pertumbuhan yang menyebabkan bertambah besarnya akar dan batang tumbuhan. Meristem lateral disebut juga sebagai kambium. Kambium terbentuk dari dalam jaringan meristem yang telah ada pada akar dan batang dan membentuk jaringan skunder pada bidang yang sejajar dengan akar dan batang.

Letak : Pangkal ruas batang Pertumbuhan
Fungsi : Memperpanjang ruas

Sekian dulu penjelasan mengenai meristem, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua. Salam blogger, selamat bertemu di artikel yang berikutnya.


Related Posts



0 komentar:

Poskan Komentar



 

Apa yang paling sering kalian baca?


Arsip Blog

Copyright © Membaca Asyik