Siapakah Aku??

Foto saya
Seorang yang masih awam dalam dunia blogging. Saya harap kalian bisa memberikan saran dan kritik untuk saya.
EnglishFrenchGermanSpainItalianDutchRussianPortugueseJapaneseKoreanArabicChinese Simplified

31 Januari 2010

Misteri mimpi

31 Januari 2010 |
Pernakah kalian berfikir apa itu mimpi??  Kecil dan alamiah memang apabila manusia kerapkali mengalami mimpi. Tapi dibalik kejadian alamiah yang berlangsung terus menerus tersebut, justru tersimpan sebuah misteri yang cukup menarik untuk dibahas bahkan di kalangan para ahli dan pakar ilmu pengetahuan dunia.

      Berbagai pendapat pernah muncul menanggapi apa wujud mimpi sebenarnya. Mimpi kita seringkali timbul dari bentuk rangsangan verbal, visual maupun emosi, yang kemudian membentuk cerita tak masuk akal tapi kerapkali menarik pada saat kita tidur, bahkan kita bias memecahkan solusi pada saat kita bermimpi, setidaknya sebagian orang mempercayai hal itu kerapkali terjadi. 

     Ilmuwan belum memiliki ide yang dapat menggambarkan apa arti dan kegunaan mimpi itu sendiri secara sistematis, ataukah itu hanya sebuah gambaran acak dari impuls otak, ataukah merupakan untaian cerita yang memang dilakukan recall memory oleh otak, atau ada alasan lain?? (Sebab kita juga sering mendengar istilah dejavu). 

     Membahas mengenai mimpi yang juga seringkali dibahas secara psychoanalytic, kita juga harus secara biologist mengenal yang namanya tidur, cara kerja otak, dan tahapan kerja tersebut pada saat kita tertidur. Disini kita akan sedikit membahas mengenai hal tersebut secara AGAK spesifik. 

      Otak manusia dipercaya dapat menghasilkan 4 jenis gelombang yang juga dikenal sebagai Delta, Theta, Alpha dan Beta. Setiap jenis gelombang menyatakan perbedaan kecepatan getaran listrik pada otak manusia. Delta adalah yang ter-pelan, yakni berkisar antara 0-4 getaran perdetik, jenis getaran ini hanya akan muncul pada saat manusia berada pada fase tidur Deep Sleep, yang mana otaknya akan bekerja lebih lambat. Disusul kemudian dengan Theta yang bergetar dengan kecepatan 4-7 getaran perdetik yang kerapkali muncul pada saat manusia memasuki fase tidur Light Sleep. Gelombang berikutnya adalah Alpha yang memiliki getaran secepat 8-13 getaran perdetik, dan akan timbul pada saat otak bekerja (Kita tersadar / REM). Yang tercepat adalah Beta waves, dimana dia memiliki kecepatan 13-40 getaran perdetik dan hanya akan timbul pada saat manusia sedang mengalami masa stress ataupun membutuhkan kekuatan mental yang tegar, getaran yang lebih cepat dr 40 getaran perdetik mampu menyebabkan kerusakan mental / kejiwaan. Keempat gelombang otak tadi adalah dasar pembentuk electroencephalogram (EEG).

Disaat tidur, manusia mengalami 5 fase tidur, yang dibagi menjadi demikian:

  1. Light Sleep - Dimana otot otot tubuh mulai melakukan relaxation, dengan masih mengandung sedikit gerakan otot. Tidur pada tahap ini seringkali masih mudah terbangun, sebagian orang di Indonesia mengenalnya sebagai "tidur ayam" or something like that.
  2. Deeper Sleep - Pada fase ini, tidak hanya otot yang mulai melakukan relaxation, akan tetapi kecepatan bernafas dan denyut jantung pun menjadi lebih lambat, disertai dengan turun nya suhu tubuh.
  3. Deep Sleep [Stage 1] - Pada fase ini, selain suhu tubuh menurun, otot relaxation dan bernafas serta denyut jantung mulai terasa lebih pelan, otakpun memulai menghasilkan gelombang delta.
  4. Deepest Sleep [Stage 2] - Kenapa dikatakan stage 2?! Karena memiliki ciri yang bisa dikatakan sama persis seperti fase Deep Sleep, hanya saja dalam kondisi ini, tubuh sudah benar benar terbiasa dengan kondisi tersebut, sehingga manusia tidur dalam kondisi sangat lelap pada fase ini.
  5. Rapid Eye Movement (REM) - Berbeda dengan kondisi tidur yang lain, pada saat mencapai fase REM, otak manusia tidak dapat dikatakan beristirahat. Otak akan memproduksi gelombang otak jenis Alpha, nafas menjadi cepat, suhu tubuh sedikit meningkat, dan walaupun otot tetap dalam keadaan relax, denyut jantung kembali menjadi aktif. Pada fase inilah mimpi timbul dalam tidur manusia. Pada tahap REM itulah manusia biasanya mengalami mimpi, sebab pada fase tersebut, manusia dapat menonaktifkan steam otak yang tidak akan pernah di nonaktifkan pada saat manusia beraktifitas.

     Sebuah kenyataan menyimpulkan bahwa 5 menit sesudah sebuah mimpi berakhir, manusia akan melupakan setidak tidaknya 40-50% bagian dari mimpi mereka. Dan 10 menit sesudahkan mereka bisa melupakan 80-90% bagian dari apa yang mereka impikan. Kenapa hal demikian dapat terjadi?! Mimpi kembali ditekankan merupakan memory recall yang kemudian ditampilkan oleh otak melalui sistematik kerja secara psikologis, dan kebanyakan daripada itu adalah bukan hal yang penting, sehingga otak tidak akan dapat selalu mengingat apa yang telah kita mimpikan pada saat kita tidur.

     Riset lainpun menyatakan bahwa manusia merupakan mahkluk hidup yang berpikir secara progresif, sehingga menimbulkan keraguan dan kesulitan disaat mereka ingin mengingat sesuatu begitu mereka terjaga dari tidur. Dalam beberapa kasus, khususnya mereka yang memiliki tingkatan memory Short Term Memory, justru kerapkali tidak akan ingat apa mereka bermimpi atau tidak disaat tidur.



Related Posts



0 komentar:

Posting Komentar



 

Apa yang paling sering kalian baca?


Arsip Blog

Copyright © Membaca Asyik